17 Oktober 2009

Pengajian Paham Quran

Assalamualaikum, wr.wb.
Program pengajian paham Al Qur'an kami adakan bersama para donatur dan ibu-ibu orang tua murid yang dibimbing seorang fasilitator. Dengan menggunakan tafsir Qur'an (dari Depag), ibu-ibu akan dituntun membaca kalam ilahi yakni membaca tafsir dari ayat-ayat cinta ilahi. Pengajian ini bertujuan agar kita tidak hanya sekedar khatam Qur'an tapi paham dengan apa yang Allah inginkan dari umatnya, sehingga kita bisa disebut umat bertakwa yaitu yang mampu melaksanakan perintah-Nya dan bersedia menjauhi larangan-Nya.

Untuk saya pribadi, pengajian ini sangat berkesan. Banyak hal yang saya dapatkan dalam Al Qur'an tidak sesuai dengan pendapat dan pengalaman pribadi saya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja dalam hal memberi sedekah. Selama ini kalo saya memberi sedekah berharap orang yang diberi mengucapkan terimakasih..eh...ternyata Al Qur'an mengajarkan dalam surat Al Insaan, Allah berfirman :

Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terimakasih.
(QS. Al insaan : 9)

Masih banyak lagi ayat-ayat lainnya yang membuka mata dan hati ini. Semoga kita semua selalu diberi petunjuk dan melaksanakan petunjuk dengan sebaik-baiknya agar bermanfaat bagi orang banyak.

Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar